LEMBAGA MUSYAWARAH TARUNA

Posted: July 14, 2010 in Police Academy
Tags:

LEMUSTAR JUNIOR !!!!

SIAP !!!

MENGHADAP MEJA ATAS !!!!

Ya, itulah announcement yang paling sering terdengar di akhir makan bersama di ruang makan cendrawasih. Siapa sih Lemustar itu ???

Lembaga Musyawarah Taruna disingkat Lemustar adalah salah satu jabatan di dalam organisasi Senat Korps Taruna (untuk di AKPOL) atau Resimen Korps Taruna (untuk akademi TNI). Hal yang unik adalah, mungkin struktur organisasi, cara penyebutan, jenjang hirarki dan lain-lain antara Senat Korps Taruna Akademi Kepolisian, Resimen Korps Taruna Akademi TNI (baik AKMIL, AAU dan AAL) banyak sekali perbedaannya, namun Lembaga Musyawarah Taruna menjadi eselon jabatan yang universal dan sama di setiap Akademi.

Seperti namanya, Lembaga Musyawarah Taruna memiliki tugas sebagai fungsi Legislatif dalam organisasi Korps Taruna. Menerima keluhan-keluhan dari Taruna baik Senior maupun Junior dan menjembatani kepada pihak pengsuh, mengawasi dan mengawal kegiatan Korps Taruna, serta menjadi representasi dari seluruh Taruna.

Oleh karena itu, Seorang Lemustar dituntut untuk cakap dalam berkomunikasi, tanggap terhadap perkembangan situasi di lingkungannya, serta memiliki inisiatif yang tinggi dalam menghadapi segala hal atau dengan kata lain memiliki tingkat responsif yang tinggi.

Tidak seperti halnya jabatan lain dalam Organisasi Korps Taruna yang (biasanya) hanya dijabat oleh Taruna Senior (kecuali Poltar), Lemustar yang merupakan representasi dari masing – masing angkatannya sudah dijabat sejak Berstatus Taruna Junior. Kenapa ???

Karena para Lemustar inilah yang diharapkan dapat mampu belajar kepad seniornya dengan jalan terlibat langsung yang nantinya pada saat mereka menjadi senior akan dapat melaksanakan hal yang sama atau bahkan melakukan perbaikan terhadap kekurangan – kekurangan yang mungkin dilakukan oleh Taruna Senior.

Di tingkat Lemustar inilah diskresi paling banyak dilakukan. Karena tugasnya untuk mengawal dan menggerakkan kegiatan tradisi, maka Lemustar harus cepat tanggap menghadapi hambatan atau kekurangan yang ada yang mungkin harus diatasi pada saat itu juga tanpa bisa minta petunjuk dari pihak lain. Kreatifitas, daya Imajinasi dan inovasi akan sangat berpengaruh.

Dedicated for…. “KELUARGA BESAR TALI HITAM”

Comments
  1. yimmy kurniawan says:

    salah satu syarat lain utk lemustar terutama lemustar junior yaitu: siap utk capek dan kuat.. hehehe..

  2. betul pak… sebenernya bukan siap untuk capek pak… tapi siap ga siap pasti capek…. hehehe…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s